Tips Merawat Rumput Taman di Taman Rumah

Taman Rumah merupakan satu bagian penting yang mempengaruhi keindahan rumah. Taman rumah yang terawat, hijau, rapi dan asri tentu akan membuat kenyamanan penghuni rumah. Taman rumah selain berfungsi untuk keindahan, taman juga menambah kesejukan dan memperkaya kandungan oksigen di udara rumah. Banyaknya oksigen didalam kandungan udara yang di hirup akan menambah kenyamanan, ketenangan, dan kesehatan.

Berbicara taman rumah, tentu tidak lepas dari rumput taman. Rumput taman terdiri dari beberapa jenis antara lain rumput jepang, rumput gajah mini, rumput golf, dan beberapa jenis lain. Pada artikel ini akan dibahas tips secara umum perawatan rumput taman di taman halaman rumah agar tetap hijau terawat.

tips-merawat-rumput-taman

Pada awal penanaman rumput, biasanya rumput tidak langsung merata melainkan ada jarak rumput dengan rumput yang lain. Pada tahap ini memerlukan kesabaran untuk merawat hingga rumput dapat hidup dan mulai merata ke seluruh area taman rumah. Apabila perawatan tidak teratur maka pertumbuhan rumput tidak akan baik bahkan kasus terburuknya adalah rumput rumput dapat mati sehingga harus di tanam ulang.

Berikut adalah langkah praktis perawatan rumput tanam :

  1. Siram rumput pada pagi hari secara merata. Air yang merata dan cukup akan membuat rumput lebih mudah menempel pada tanah yang baru serta memudahkan dalam mencari unsur hara.
  2. siram rumput pada sore hari, langkah ini terkadang dilupakan atau di lewatkan karena kesibukan kerja. Penyiraman pada sore hari perlu dilakukan agar akar tetap basah atau lembab. Penyiraman pada sore hari ini penting karena rumput baru biasanya cenderung kekurangan air akibat siang hari yang panas. apabila penyiraman ini terlewatkan maka bisa diganti dengan sirama secukupnya pada malam hari.
  3. Apabila tanah cukup subur maka unsur hara yang diperlukan rumput sudah tercukupi. namun apabila tanah pada taman anda kurang subur maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan pada minggu kedua setelah penanaman. pupuk untuk rumput ini dapat dibeli di tukang taman di sekitar anda. Bisa berupa pupuk kimia yaitu pupuk urea ataupun bisa juga dengan pupuk kandang. sebar dam siram dengan air agar pupuk dapat mudah di serap oleh rumput.
  4. Cabut rumput rumput liar yang tumbuh bersama rumput taman. Hal ini perlu dilakukan agar rumput taman anda tidak berebut unsur hara. pada awal penanaman ini sangat penting dilakukan. Pencabutan rumput liar dapat dilakukan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan. selain menyelamatkan rumput taman, pencabutan rumput liar tentu akan menambah keindahan rumput taman.
  5. Bersihkan tanah apabila di tumbuhi oleh lumut. Permbersihan ini perlu dilakukan agar akar rumput dapat menjalar dan menancap pada tanah tersebut. jika tidak dilakukan maka tanah hanya terlihat hijau akibat lumut namun tidak di tumbuhi rumput sehingga terliahat botak.
  6. Dengan perawatan yang baik, insyaAllah rumput taman akan terlihat indah dan merata setelah tiga atau empat bulan.
  7. Lakukan perawatan dan pemotongan rumput secara teratur agar pertumbuhan rumput terkendali dan permukaan rumput merata. Hal ini akan membentuk tampilan rumput taman menjadi indah.

Demikianlah tips dan trik merawat rumput taman di taman rumah. Jadikan taman halaman rumah kita menjadi asri dan sejuk denga perawatan taman yang rutin sehingga enak di pandang mata dan rumah semakin nyaman di hati. Mari lengkapi rumah tanpa riba kita dengan taman yang berumput hijau yang rapi terawat, taman menjadi indah, rumah nyaman, hati pun senang. Semoga bermanfaat.

One thought on “Tips Merawat Rumput Taman di Taman Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *