KPR Syariah

KPR Syariah, merupakan bentuk Kredit Pemilikan Rumah yang dilandaskan pada prinsip syariah islam. Dalam islam secara tegas mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli. KPR Syariah ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan jual beli yang pembayarannya di angsur sehingga sangat berbeda dengan KPR Konvensional.

KPR Konvensional tidak melakukan kegiatan jual beli melainkan kegiatan peminjaman uang untuk pelunasan rumah yang dibeli oleh seseorang. Kemudian pembayaran hutangnya diangsur oleh orang tersebut dengan nilai yang lebih besar dari hutang. Pihak bank konvensional menyebut sebagai margin bunga, sementara didalam islam menyebutnya sebagai Riba.

Lalu bagaimana dengan KPR Syariah? KPR Syariah merupakan kegiatan jual beli antara Penjual (developer) kepada pembeli. Kekurangan pembayaran dilakukan dengan cara mengangsur langsung ke developer. Sehingga jelas terlihat bahwa kegiatan ini adalah kegiatan jual beli rumah secara kredit sesuai syariah islam.

Pertanyaannya, dimana masyarakat dapat menemukan rumah syariah yang dijual secara KPR Syariah? Jika kita jeli, banyak pengembang atau developer yang melakukan jual beli KPR dengan langsung mengangsur ke mereka langsung. Atau beranikanlah diri untuk bertanya apakah dapat dicicil langsung ke pengembang atas kekurangan pembayaran.

Atas izin Allah SWT, kami mencoba hadir untuk membagikan informasi tentang perumahan muslim maupun rumah-rumah yang dijual secara KPR Syariah. Beberapa list diantaranya: KPR Syariah di Jakarta Selatan, KPR Syariah di Cibinong, KPR Syariah di Bojonggede, KPR Syariah di Cilebut, KPR Syariah di Bantarsari Bogor, KPR Syariah di Semarang.

Terkadang menjadi rancu antara KPR Syariah dengan KPR Bank Syariah. KPR Syariah adalah Kredit secara prinsip prinsip syariah. Sehingga tidak harus menggunakan bank syariah. Bisa jadi kredit rumah atau kpr syariah ini langsung ke pengembangnya. Atau bisa juga hutang ke orang lain untuk membeli dan di cicil tanpa riba.

Lalu bagaimana dengan KPR Bank Syariah?  >Lanjutakan membaca tentang KPR Bank Syariah